Ustad Anto : Marketing Akan Bersama-sama Rasulullah di Surga

TANGERANG – Dalam Islam jual beli itu diperbolehkan. Namun bila jual beli ada ribanya diharamkan karena akan merusak kehidupan ekonomi masyarakat.

Demikian dikatakan Ketua Komunitas Ekonomi Islam Indonesia, Anto Apriyanto, saat mengisi kajian ekonomi Islam dengan tema Seluk Beluk Akad di Kantor MSC di Cimone Karawaci Kota Tangerang, Jumat (2/4/2021).

Kata Anto, profesi yang mulia dalam Islam di antaranya adalah pedagang, pebisnis, pengusaha, atau entrepreneur. Profesi itu saat ini sama saja seperti penjual atau marketing di sebuah perusahaan.

Salah satu hadits menyebutkan, kata Anto, para pedagang atau pengusaha yang memiliki sifat sidik dan jujur akan bersama-sama Rasulullah di surga nanti. “Ya kalau sekarang para marketing yang menerapkan sifat tersebut dan yang ada di dalamnya nanti mereka mendapat pahala surga,” katanya.

Anto menegaskan kenapa berdagang atau wirausaha itu profesi mulia karena zaman nabi pelakunya memegang teguh sifat Sidik, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Profesi tersebut juga tak sembarangan digeluti sebelum memahami fiqih muamalahnya.

Ustad Anto Apriyanto sedang menjelaskan soal mulianya profesi pebisnis atau marketing di berdasarkan Islam.

Menurutnya, menjadi pedagang atau wirausahawan itu ada standarnya ketika itu. Di antaranya memahami fiqih muamalah.”Ini bertujuan untuk keberkahan bisnisnya,” tuturnya.(is)

Posted in Artikel, Motivasi & Hikmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.