Baznas Kota Tangerang Dukung RCC Berantas Riba di Masyarakat

TANGERANG – Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Tangerang mendukung organisasi RCC (Riba Crisis Centre) memberantas riba di masyarakat. Baznas berharap RCC bisa bergandengan tangan dengan yang lain dalam memerangi riba tersebut.

Organisasi dakwah anti riba ini dalam memberantas riba memiliki tiga program. Seperti bidang edukasi, advokasi, dan ekonomi. Dalam bidang edukasi melakukan sosialisasi dan memberi pemahaman-pemahaman kepada masyarakat suapaya tidak terjebak riba.

Sementara di Kota Tangerang praktik riba kian merajalela. Masyarakat diiming-imingi pinjaman yang menggiurkan namun ada bunga dan denda oleh bank keliling atau lembaga keuangan konvensional.

Mereka datang ke rumah-rumah warga menawarkan pinjaman. Bahkan merayu langsung lewat panggilan seluler pribadi. Sebaliknya masyarakat yang belum sanggup bayar pinjaman kerap didatangi dan terus diteror  lewat sambungan telepon.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH Aselih Al Husaery mengatakan bahwa keberadaan bank-bank keliling dan lembaga pinjaman keuangan yang menerapkan bunga atau riba keberadaannya mengganggu masyarakat. Mereka seharusnya sadar bahwa perbuatannya itu dosa dan sudah meresahkan. “Saya minta bagi masyarakat yang menemui itu agar menolaknya,” katanya saat ditemui di kantorrnya, Jumat (19/3/2021).

Kertua Umum RCC Deri Suandi dalam salah satu kegiatan.

Dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung program RCC dalam memberantas riba di Kota Tangerang dan daerah lainnya. Karena praktik riba saat ini sudah terang-terangan dan membuat masyarakat jadi tidak nyaman.

Terpisah, Ketua Umum RCC Deri Suandi mengungkapkan, pihaknya siap bekerjasama dengan lembaga atau lainnya yang sama-sama memiliki program memberantas riba di masyarakat. Menurutnya mempraktikan riba itu bukan untung. Sebaliknya masyarakat jadi sengsara. “Sebab itu kami siap bekerjasama dalam pemberantasannya,” katanya.(is)

Posted in Artikel, Motivasi & Hikmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.