“Bank Keliling” Resahkan Masyarakat Kecil Kota Tangerang

TANGERANG – Masyarakat kecil di Kota Tangerang Banten tidak lepas dari hubungan dengan “Bank Keliling” lantaran untuk menghidupi usahanya dibantu lembaga peminjaman tersebut.

Sebaliknya yang dirasakan bukan membantu namun membuat mereka hidup tidak nyaman. Seperti bila cicilannya telat bayar dikenakan denda dan bunga. Bila belum sanggup membayar akan terus didatangi si penagih siang dan malam.

Kondisi tidak nyaman atas Bank Keliling misalnya dialami Amsani, warga Poris Plawad Indah Cipondoh Kota Tangerang. Penagih dari bank tersebut datang menagih pagi dan sore ke rumahnya. Kalau tak bisa bayar hari itu bakal kena denda dan ada bunganya.”Bunganya juga bertambah setiap hari.Saya pusing ngadepin kondisi itu,” katanya saat di temui di rumahnya, Senin (22/3/2021).

Amsani yang memiliki warung kelontongan ini mengaku awalnya membutuhkan uang untuk keberlangsungan usahanya. Lantas dirinya mencari pinjaman ke sana kemari yang syaratnya mudah. Didapatlah bank keliling ini. Dapat pinjaman yang Rp 1 juta dan 2 juta. Bayarannya setiap hari dan mingguan.Ternyata setelah dijalani merepotkan juga.

Hal yang sama dialami Harianja. Akibat punya sangkutan uang dengan bank keliling rumahnya kerap didatangi oleh si penagih bank tersebut. Sampai digedor-gedor rumahnya saat malam hari.“Gara-gara minjam uang dari mereka hidup saya seperti diteror,” katanya.

Ketua Baznas Kota Tangerang H.Aselih El Husairy.

Terpisah, Ketua Baznas Kota Tangerang H Aselih El Husairy meminta masyarakat Kota Tangerang jangan terayu bantuan pinjaman dari bank keliling atau sejenisnya. Karena lebih banyak mudharatnya dan ada ribanya.“Bukan membantu malah sebaliknya,” tegasnya.

Ia mengingatkan masyarakat agar mencari uang dengan cara halal. Misalnya meminjam uang ke lembaga-lembaga keuangan non ribawi. Karena di sana tidak ada denda dan bunganya. Baznas Kota Tangerang sendiri ada program bantuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil.(is)

Posted in Uncategorized.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.